Minggu, 28 Oktober 2012

Soal Manajemen Keuangan 1


Manajemen Keuangan 1

Nama               : Siti Iqlima Zeinia
NPM/Kelas     : 26211808/SMAK-05

Pertanyaan dan Jawaban

1.      Seorang mahasiswa meminja uang di bank sebesar Rp. 10.000.000 untuk modal usahanya. Ia meminjam uang tersebut untuk jangka waktu 5 tahun dengan tingkat bunga 3% per tahun. Berapa jumlah seluruh uang yang harus dikembalikan pada saat pelunasan? Seandainya perhitungan pembayaran bunga bukan setiap tahun, melainkan setiap semester, Berapa tingkat bunga efektif tahunanya?
Diketahui       : Pv = 10.000.000
                          N = 5
                          I = 3% =0.03

Ditanya           : a. Fv?
                          b. Keff?

Jawab             : a. Fv = Pv (1 + I)n
                              Fv = 10.000.000 (1 + 0.03)5
                              Fv = 11.592.740

                        
Jadi, 5 tahun yang akan datang mahasiswa tersebut harus mengembalikan uang sebesari Rp. 11.592.740 ke bank. Lalu tingkat bunga efektif tahunannya berdasarkan perhitungan setiap semester sebesar 0.304%

2.      Sebuah perusahaan mengharapkan return atas obligasi sebesar 7%. Sedangkan return yang diharapkan portofolio pasar sebesar 10%. Berapa rate of return yang diharapkan perusahaan tersebut apabila beta adalah 1.4
Diketahui       : K.risk free rate = 7%
                          K.m = 10%
                           B = 1.4

Ditanya           : Rate of Return?

Jawab             :
Required rate of return on stock i = Risk free rate + (Market risk premium)(stock’s i beta)
Atau
Ki = Krf + (Km – Krf) bi
Ki = 7% + (10% - 7%) 1.4
Ki = 11.2%
Jadi, besarnya return yang diperoleh perusahaan tersebut sebesar 11.2%

3.      Ada dua model persediaan dan didalamnya terdapat biaya yang terkait dengan kedua model tersebut. Sebutkan dan jelaskan biaya-biaya tersebut!
Jawab :
a.       Biaya Penyimpanan
Biaya penyimpanan (holding cost) adalah biaya-biaya yang berkaitan dengan penyimpanan atau "penahanan" (carrying) persediaan sepanjang waktu tertentu. Oleh karena itu, biaya penyimpanan juga mencakup biaya yang berkaitan dengan gudang, seperti biaya asuransi, staffing tambahan, dan pembayaran bunga. Banyak perusahaan yang tidak berhasii memasukkan semua biaya penyimpanan mereka. Konsekuensinya, biaya penyimpanan persediaan sering ditetapkan di bawah tingkat yang sebenarnya.
b.      Biaya Pemesanan
Biaya pemesanan (ordering cost) mencakup biaya-biaya pasokan, formulir, pemrosesan pesanan, tenaga para pekerja, dan sebagainya. Pada saat produk pesanan dibuat, timbul pula biaya pemesanan, tetapi biaya ini dikenal dengan nama biaya pemasangan.
c.       Biaya Pemasangan
Biaya pemasangan adalah biaya pemasangan biaya-biaya untuk mempersiapkan mesin atau proses unruk memproduksi pesanan. Manajer operasi dapat menurunkan biaya pesanan dengan mengurangi biaya pemasangan dan dengan menggunakan prosedur yang efisien semacam pembayaran dan pemesanan elektronik.

4.      Sebutkan dan jelaskan faktor yang mempengaruhi besarnya investasi piutang!
Jawab :
a.       Volume penjualan kredit, semakin besar volume penjualan kredit, makin besar investasi yang tertanam dalam Piutang
b.      Syarat pembayaran (termin), semakin lama masa kredit,semakin besar invesatasinya.
c.       Ketentuan tentang pembatasan kredit, batasan kredit dapat berupa kuantitatif (plafon kredit, semakin besar plafon kredit perpelanggan makin besar investasi yang diperlukan) dan kualitatif (selektif terhadap pelanggan kredit, makin ketat seleksi akan semakin memperkecil investasi dalam piutang).
d.      Kebijakan pengumpulan piutang, pengumpulan piutang dapat bersifat aktif (menggunakan debt collector)pengumpulan piutang lebih tepat waktu tetapi perlu tambahan biaya pengumpulan piutang, atau pasif yaitu keyakinan bahwa debitur menepati janji, maka resiko tertunggaknya piutang lebih besar.
e.       Kebiasaan membayar dari para langganan, apabila sebagian besar pelanggan membayar pada masa diskon (termin 2/10;n/30), maka membutuhkan investasi lebih kecil, tetapi jika pelanggan membayar pada hari ke 30 atau bahkan menunggak, perlu invstasi yg besar.

5.      Bagaimana menilai sebuah kinerja perusahaan baik dan tidak baik?
Jawab :
a.       Kriteria perusahaan yang baik
ROI (Du Pont System) berada di atas rata-rata industri menunjukkan bahwa perputaran aktiva dan net profit margin sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba semakin baik
b.      Kriteria perusahaan yang kurang baik
ROI (Du Pont System) berada dibawah rata-rata industri menunjukkan bahwa perputaran aktiva dan net profit margin sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba kurang baik.

6.      Perusahaan memiliki biaya konversi marketable securities menjadi kas sebesar $ 50 dan memberikan return 8% per tahun (0.222% per hari). Diketahui varian harian aliran kas bersih diperkirakan $ 30.000
Diketaui          : Conversion Cost = 50
                          Variance of Daily Net Cash Flow = 30.000
                          Opportunities Cost = 0.222

Ditanya           : a. Return Point?
                          b. Upper Limit?

Jawab             :








b. Upper Limit = 3 * $ 1717
                         = $ 5151

Jadi, saldo kas bervariasi dari 0 hingga $ 1717. Ketika saldo kas mencapai $ 5151, maka $ 3434 dikonversi dari kas menjadi marketable securities dan jika saldo kas menjadi 0, maka $ 1717 dikonversi dari marketable securities menjadi kas.

7.      Jelaskan hubungan likuiditas dan modal kerja
Jawab             :
Salah satu nilai penting dari likuiditas perusahaan adalah untuk memenuhi sejumlah dana yang diperlukan pada saat dibutuhkan. Sementara itu dalam manajemen modal kerja kebutuhan dana juga merupakan bagian penting, baik dalam hal penyediaan dana maupun penggunaan dana yang berkaitan dengan aktivitas usahanya. Oleh karena itu terdapat hubungan yang erat antara keduanya.
Bisa dilihat dari kedua neraca dua perusahaan yang berbeda dibawah ini:
Neraca PT Per 31 Desember 2008
KAS
600.000
UTANG LANCAR
1.800.000
PIUTANG
1.000.000


PERSEDIAAN
1.400.000


TOTAL AKTIVA LANCAR
3.000.000

1.800.000

Neraca PT B  Per 31 Desember 2008
KAS
1.400.000
UTANG LANCAR
1.800.000
PIUTANG
1.000.000


PERSEDIAAN
600.000


TOTAL AKTIVA LANCAR
3.000.000

1.800.000

Dari porsi kedua neraca perusahaan di atas terdapat persamaan yaitu dalam hal total aktiva lancar yaitu sama-sama 3.000.000 dan utang lancar 1.800.000. namun terdapat perbedaan dalam komposisi aktiva lancarnya, sehingga sangat memengaruhi dalam kemempuan membayar kewajibannya. Dalam hal ini PT Tempilang lebih baik karena jika memerlukan dana cepat untuk memenuhi  atau membayar kewajiban PT Tempilang bisa langsung memenuhi karena dia memiliki persediaan kas yang lebih banyak. Artinya, meskipun likuiditas  antara perusahaan sama, namun kecepatan dalam hal membayar kewajiban berbeda, oleh karena itu hubungan antara likuiditas dan modal kerja sangat diperlukan.


Sumber :
http://id.scribd.com/doc/50635576/Kuliah-3-Risk-and-Return
http://magussudrajat.blogspot.com/2010/06/manajemen-persediaan.html
http://contohskripsiku.com/pdf/contoh+soal+rasio+perputaran+aktiva+tetap
http://sepnazyik.wordpress.com/makalah-pendidikan/manajemen-piutang/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Do not said a negative word!